Total Pageviews

Manfaat dan kandungan Buah Jambu Biji

Jambu biji berasal dari daerah tropis, tepatnya berasal dari negara Brasil kemudian di sebarkan di Thailand dan Indonesia. Jambu biji memilki nama latin Psidium guajava. Biasa kita kenal juga dengan jambu klutuk atau jambu batu. Buah jambu terkenal dengan kandungan Vitamin C nya yang cukup tinggi.

Mungkin selama ini kita mengenal jambu batu hanyalah obat demam berdarah atau obat untuk mencegah diare saja. Namun pada kenyataannya jambu biji memiliki khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan kita. Jambu biji mungkin gak setenar buah yang lain mungkin jeruk atau melon yang mempunyai banyak penggemarnya. Namun dalam hal Vitamin C buah jambu lebih unggul jauh daripada buah jeruk.

Vitamin C pada buah jambu biji akan meningkat atau memuncak pada saat buah jambu biji tersebut menjelang matang. Pada waktu itu Vitamin C pada jambu biji akan mencapai dua kali lipat dari buah jeruk yang manis.

Berikut kandungan nilai gizi buah jambu biji per 100 gr :
Kandungan Gizi
Nilai Gizi
Energi
49 kal
Protein
0,9 gr
Karbohidrat
12,2 gr
Serat
5,6 gr
Kalsium
14 mg
Fosfor
28 mg
Zat Besi
1,1 mg
Vitamin A
25 IU
Vitamin B1
0,02 mg
Vitamin C
87 mg
Air
86 gr
Lemak
0,3 gr
Dan berikut adalah manfaatnya bagi kesehatan tubuh :
  1. Untuk mengobati Deman berdarah : Dengan cara membuat jus jambu biji dengan komposisi 3 buah jambu biji yang sudah matang. Dikonsumsi tiga kali dalam sehari hingga Demam berdarah sembuh. Atau dengan mengkonsumsi jambu biji yang mengkal ( hampir mateng ) tanpa harus memakan bijinya.
  2. Membantu Pencernaan, Anti Kanker dan penguat jantung : yaitu dengan mengkonsumsi jus jambu biji 300ml setiap hari.
  3. Menghentikan Diare : Daun buag jambu biji yang masih muda di campur garam terus dimakan dapat menghentikan Diare ( Tidak sekaligus berhenti namun bertahap )seperti kebiasaan orang dulu.
  4. Menyembuhkan Maag : Dengan menkonsumsi daun jambu biji sehari tiga kali dengan komposisi 10 Lembar daun jambu biji muda dengan air 1,5 liter direbus.
  5. Mengobati Disentri : Akar dan Daun buah jambu biji dapat menyembuhkan disentri apabila dikonsumsi dengan teratur dan rutin. Bengan komposisi akar jambu biji secukupnya dipotong-potong dicampur dengan 10 lembar daun jambu biji direbus, dan disaring.
  6. Mengatasi akeputihan : Rebus daun jambu biji kira-kira segenggam dan daun sirih 7 lembar dengan air satu gelas kemudian rebus, konsumsi dua kali sehari.

0 Response to "Manfaat dan kandungan Buah Jambu Biji"

Post a Comment