Total Pageviews

Manfaat Buah dan Kulit Jeruk untuk Kesehantan dan Kecantikan

Buah Jeruk merupakan buah yang populer, hampir dari semua kalangan masyarakat menyukai buah ini. Selain mudah ditemui buah jeruk juga tidak mengenal musim. Buah jeruk sangatlah beragam dan memilik beberapa species dan diantara spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan peng klasifikasiannya, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Buah jeruk berasal dari asia Timur dan Asia Tenggara. Seiring perkembangannya saat ini buah jeruk berkembang hampir diseluruh penjuru dunia. Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.

Buah jeruk pada umumnya memiliki rasa yang manis ada juga yang berasa agak masam namun buah ini terkenal mampu melepas dahaga dan memberikan rasa segar saat kita mengkonsumsinya. Selain itu buah jeruk banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut adalah kandungan nutrisi pada buah jeruk :
  • Serat
  • Kalium
  • Fruktosa
  • Limonoid
  • Vitamin A
  • Air
  • Polyphenol
  • Carotenoid
  • Flavonoid
  • Beta-carotene
  • Gula
  • Karbohidrat

Dan berikut adalah manfaatnya bagi kesehatan tubuh :
  1. Membantu Sistem Pencernaan : Kandungan serat pada buah jeruk mampu memperlancar sistem pemcernaan, seperti halnya dengan buah yang lain apabila kita mengkonsumi buah jeruk secara rutin maka sistem pencernaan akan lancar sehingga dapat mengatasi sembelit dan susah buang air besar.
  2. Menjaga Kesehatan Pernapasan : Buah jeruk dapat menjaga kesehatan pernapasan dan mencegah kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan buah jeruk memiliki kandungan karotenoid betacryptoxanthin.
  3. Mencegah Penyakit Kaker : Vitamin  C yang terkandung pada buah jeruk dipercaya mencegah penyakit kanker mulut, kanker laring dan kanker mulut. Sedangkan anti oksidannya mampu menangkal radikal bebas.
  4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh : Viamin C selain mencegah penyakit kanker juga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh.
  5. Mencegah Sel Rusak Akibat Radikal Bebas : Antioksidan yang dihasilkan vitamin C pada buah jeruk mempunyai fungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak atau mempercepat sel kulit mati.
  6. Menjaga Keseimbangan Gula Darah : Fluktosa yang terkandung pada buah jeruk bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadr gula darah dalam tubuh.
  7. Anti-inflasi : Buah jeruk juga mengandung Hesperidin yang mana hesperidin disini berfungsi untuk anti-inflamasi. Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa hesperidin juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit dengan menguranginya, seperti penyakit kanker, jantung, peradangan dan lainnya.
  8. Mencegah Osteoporosis dan Tekanan Darah Tinggi : Manfaat buah jeruk juga berupa kandungan kalium (potasium). Penting untuk anda ketahui bahwa kalium bermanfaat untuk menjaga tulang agar tidak keropos, mengobati penyakit dan menurunkan tekanan darah tinggi.
Manfaat kulit jeruk untuk Kecantikan

Dalam hal kecantikan, kulit jeruk mampu menyeimbangkan kondisi kulit. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan jauh dari problem jerawat.

Saat dikeringkan dan dijadikan sebagai bubuk, kulit jeruk mampu berperan sebagai exfoliator. Menghilangkan sisa sel-sel kulit mati, mengatasi problem komedo, serta membuat kulit lebih berkilau.

Manfaat lain dari kulit jeruk ini adalah apabila dijadikan masker, ia dapat membantu menghilangkan noda hitam di kulit serta menyegarkan kembali kulit kusam. Apabila diaplikasikan pada kulit secara teratur, maka ia dapat mencegah pertumbuhan jerawat serta mencegah bakteri lain menimbulkan masalah pada kulit./ www.vemale.com



1 Response to "Manfaat Buah dan Kulit Jeruk untuk Kesehantan dan Kecantikan"