Total Pageviews

Manfaat Bengkuang Bagi Tubuh dan Kecantikan


Bengkuang mungkin buah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah yang satu ini  memiliki rasa yang sangat segar apa lagi kalau di santab atau dijadikan rujak dengan buah-buahan yang lain.

Bengkuang atau (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus). Bengkuang sendiri berasal dari Amerika tropis. Sebenernya bengkuang ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu.

Bengkuang ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90% maka bengkuang juga sering dipakai atau dijadikan masker wajah karena bengkuang dapat membantu memutihkan kulit.

Bengkuang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan banyak pula manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Bengkuang mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Dan berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada Bengkuang. Setelah diteliti dalam 100 gr Bengkuang terdapat nutrisi sebagai berikut :

  • Vitamin B1 = 0,04 mg
  • Vitamin C = 20 mg
  • Energi = 55 kkal
  • Zat Besi = 1 mg
  • Protein = 1,4 gr
  • Lemak = 0,2 gr
  • Karbohidrat = 12,8 gr
  • Kalsium = 15 mg
  • Fosfor = 18 mg

Dan berikut adalah manfaat Bengkuang bagi kesehatan tubuh dan kecantikan :
  1. Bengkuang dapat mengobati Beri-beri : Kandungan Vitamin B1 dipercaya dapat menyembuhkan beri-beri.
  2. Mengurangi produksi asam lambung : Sifat alkali pada bengkung berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat.
  3. Sebagai anti oksidan dan obat sariawan : Kandungan Vitamin C ada bengkuang sangat baik mengobati sariawan ataupun sebagai anti oksidan.
  4. Memperlancar pencernaan : Inulin yang terkandung dalam bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Sehingga bengkoang sangat baik untuk memperlancar pencernaan.
  5. Menyehatkan tulang dan gigi : kandungan fosfor yang ada dalam bengkuang sangat baik bagi  pertumbuhan tulang dan gigi.
  6. Mengobati demam : selain buat masker sifat pendingin pada bengkuang juga dapat mengobati demam, dengan cara mengkonsumsi bengkuang pagi dan sore.
  7. Mengatasi eksim : Bengkuang juga dapat mengatasi eksim dengan cara mengkonsumsinya empat kali dalam seminggu secara rutin.
  8. Menurunkan kadar kolesterol darah : Kadar kolesterol tinggi pada darah dapat diatasi dengan bengkuang dengan cara mengkonsumsi jus bengkuang secara rutin.
  9. Menghilangkan Flek hitam pada wajah : Selain dapat memutihkan wajah bengkuang juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah, yaitu bengkuang dihaluskan dan dijadikan masker.
  10. Mengurangi efek kerutan atau keriput ( menopause ) : fitoestrogen pada bengkuang dpat mencegah proses menopause.
  11. Mengencangkan kulit : Selain memutihkan dan menghilangkan flek hitam pada wajah bengkuang juga dapat mengencangkan kulit.

Demikian manfaat bengkuang bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Manfaat Bengkuang Bagi Tubuh dan Kecantikan"

Post a Comment