Total Pageviews

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Buah Pir, yang tergolong ke dalam genus Pyrus, adalah sejenis tanaman yang tumbuh di berbagai tempat di dunia, dari daerah pantai hingga daerah beriklim sedang, dari Eropa barat hingga Afrika utara dan Asia. Buah pir mempunyai beberapa spesies, kurang lebih 30 spesies buah pir , diantaranya adalah Pyrus communis, Pyrus nivalis, dan Pyrus salicifolia. Buah pir merupakan kerabat dari buah apel.

Selain memiliki rasa yang manis dan segar buah pir banyak mengandung air yang menciptakan rasa segar saat kita menyantabnya. Yang biasa kita jumpai buah pir memiliki cir yang sangat khas yaitu kecil atau mengerucut di bagian atas dn besar dibagian bawah. Namun itu tidak disemua buah pir karena ada juga beberapa yang mirip seperti kerabatnya yaitu buah apel. Bagi yang sedang diet buah pir ini bisa jadi solusi karena salah satu manfaat dari buah pir adalah menurunkan berat badan.

Buah pir memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk kesehatan  maupun kecantikan. Berikut adalah kandungan nutrisi pada buah pir :
  • Mineral
  • Vitamin
  • Kalium
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Fenolik
  • Folat(vitmin B9)
  • Serat
  • Tembaga
  • Mangan
  • Magnesium
  • Vitamin B-kompleks
Dan berikut adalah manfaat buah pir bagi kesehtan :

  1. Pencernaan dan Kesehatan Usus : kandungan serat buah pir berperan sangat penting bagi pencernaan manusia. Satu porsi buah pir menyediakan 18% dari kebutuhan asupan serat harian, jadi sangat kuat untuk kesehatan dan fungsi pencernaan. Sifat serat buah pir yang berpasir membantu mengikat agen penyebab kanker dan radikal bebas pada usus besar dan melindunginya dari efek merusak dan mengurangi kemungkinan sembelit dan diare.
  2. Rendah Kalori : salah satu keluhan dari beberapa orang tentang berbagai buah-buahan adalah kandungan kalorinya, terutama kalori yang berasal dari gula alami. Namun pir adalah salah satu buah yang berkalori terendah. Satu buah pir rata-rata mengandung lebih dari 100 kalori, yaitu hanya 5%  kalori harian dari diet yang sehat. Namun gizi dalam buah Pir akan memberikan kesehatan yang sangat besar, dan serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan, seringkali beralih ke buah pir untuk mendapatkan yang paling murah. Pir adalah sumber energi tinggi dan makanan bergizi tinggi, namun berdampak rendah bagi berat badan dan obesitas.
  3. Antioksidan : Buhah pir juga kaya antioksidan. Antioksidan berguna untuk menghilangkan efek radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dari sisa metabolisme.  Senyawa antioksidan dalam buah Pir seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin dapat membantu membersihkan tubuh dari senyawa racun berbahaya.
  4. Sistem Kekebalan : Sistem kekebalan tubuh juga didorong oleh aktivitas antioksidan dan vitamin-C. Vitamin C telah lama dikenal bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, yaitu karena merangsang produksi dan aktifitas sel darah putih. Secara tradisional, buah-buahan seperti pir telah disarankan untuk menghilangkan kondisi seperti pilek, flu, atau berbagai penyakit ringan lainnya. Hal ini karena manfaatnya yang memberikan dorongan kepada sistem kekebalan tubuh, sehingga cepat bisa membantu penyembuhan.
  5. Pencegah Kanker : Antioksidan adalah sifat anti-karsinogenik yang diunggulkan, dan buah pir telah dikaitkan dengan dengan pencegahan beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus, rektum,prostat, dan paru-paru. Buah Pir memiliki nilai antioksidan yang tinggi, jika dibandingkan dengan banyak buah-buahan lainnya.
  6. Penyembuh Luka : Vitamin C juga merupakan bagian penting dari pembentukan jaringan baru pada berbagai organ tubuh dan struktur sel tubuh. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh berjalan lancar, dan memastikan bahwa semua fungsi organ bekerja dengan baik.
  7. Mengandung Kalium : Pir merupakan makanan sumber kalium yang tinggi, artinya pir dapat bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan jantung. Hal ini karena kalium merupakan vasodilator paling terkenal. Ini artinya buah Pir bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, karena kalium akan mengurangi ketegangan seluruh sistem kardiovaskular dan mencegah pembekuan darah yang bisa merugikan kesehatan.
  8. Penyembuhan Luka : Vitamin C juga merupakan bagian penting dari pembentukan jaringan baru pada berbagai organ tubuh dan struktur sel tubuh. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh berjalan lancar, dan memastikan bahwa semua fungsi organ bekerja dengan baik. Selanjutnya, penyembuhan luka akan dipercepat dengan kandungan tinggi asam askorbat (vitamin c).
  9. Meningkatkan Sirkulasi Darah : Bagi penderita anemia atau kekurangan mineral lainnya, pir bisa sangat membantu karena kandungan tembaga dan besi. Tembaga berguna untuk memfasilitasi dan meningkatkan penyerapan mineral. Dan meningkatkan asupan zat besi berarti meningkat pembentukan sel darah merah. Zat Besi merupakan bagian terpenting dari hemoglobin, dan anemia adalah nama lain untuk defisiensi zat besi.
  10. Mencegah cacat bawaan pada bayi : Asam folat atau vitamin B9 merupakan satu dari senyawa nutrisi paling berharga dari buah pir. Asam folat telah berkorelasi positif dengan penurunan cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Jadi, makan buah yang kaya folat seperti pir bagi ibu hamil dapat melindungi kesehatan dan kebahagiaan bayi dalam kandungan.
  11. Mengurangi Peadangan : Senyawa antioksidan dan flavonoid dari buah pir juga dapat menimbulkan efek anti-inflamasi dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan penyakit inflamasi.
  12. Kesehatan Tulang : Kandungan mineral buah pir yang tinggi meliputi magnesium, mangan, fosfor, kalsium, dan tembaga. Ini berati buah Pir juga dapat mengurangi kehilangan mineral dalam tulang, sehingga kondisi seperti osteoporosis pada usia tua bisa diperlambat.

Manfaat Buah Pir Buat Kecantikan :


  1. Mencegah Kerusakan Kulit : Serat pangan dalam buah pir beerfungsi untuk menjadikan kulit lembut dan halus.
  2. Mencegah Kerutan : Kandungan vitamin C dan K serta tembaga pada buah pir dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit menua.
  3. Merawat Kulit Berminyak : caranya haluskan buah pir dicampur dengan madu dan krim segar, oleskan ke wajah tiga kali dalam seminggu.
  4. Mencegah timbulnya jerawat : Pir mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan kekebalan dari dalam. Akibatnya kulit jadi lebih tahan terhadap bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan jerawat.
  5. Menyehatkan rambut : Sorbitol dan glucitol di dalamnya dapat menutrisi kulit kepala serta helai rambut.
  6. Mengembalikan kilau rambut : Masker buah pir bisa menjadikan rambut berkilau. Untuk membuat masker ini Anda tinggal mencampurkan daging buah pir yang sudah dihaluskan dengan cuka apel dan air. 

0 Response to "Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment