Total Pageviews

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan



Buah sirsak atau yang sering kita kenal durian belanda yang bernama latin Annona Muracata.L, tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan, Karibia dan Amerika Tengah. Buah ini dibawa oleh pemerintahan kolonial Hindia-Belanda pada abad ke-19 meskipun tanaman ini bukan dari Eropa, sirsak berasal dari bahasa belanda yaitu Zuurzak yang berarti kantong yang rasanya asam. Pohon sirsak hanya memiliki tinggi 9 meter saja, buah sirsak bukan tanaman sejati yang tingginya bisa mencapai 20-30 meter. Di Indonesia sendiri tanaman ini hanya bisa tumbuh diketinggian 1000 m dari permukaan laut.
Daging buah sirsak berwarna putih dan bijinya berwarna hitam yang saling berhimpitan satu sama lainnya, buah sirsak tidak hanya bisa dimakan langsung namun bisa juga dijadikan jus untuk dicuaca yang panas dan untuk menyegarkan.
Buah sirsak banyak mengandung karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan lainnya yang terkandung dalam buah ini adalah Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2 yang cukup banyak. Biji sirsak yang beracun dapat dijadikan insektisida alami.

Manfaat buah sirsak untuk tubuh :

Menghilangkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh
Serat yang terkandung dalam buah sirsak berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat dalam tubuh dan mempermudah kolesterol untuk keluar dari dalam tubuh sehingga yang tertinggal dalam tubuh hanya kolesterol baiknya saja. Kadar kolesterol jahat yang terlalu berlebihan dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam penyakit tumbuh dalam tubuh.

Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Mencegah Penuaan Dini
Selain kaya akan serat buah sirsak juga kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan harian kita vitamin C bagi tubuh sebesar 60 mg. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah sirsak 300 gram daging buah sirsak setiap harinya. Vitamin C berperana penting  untuk menjaga dahan tahan tubuh kita, mengatasi radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Menjaga Kesehatan TulangBuah sirsak mengandung berbagai zat dan mineral yang penting untuk tubuh seperti kalsium dan fosfor. Setiap 100 gram daging buah sirsak mengandung 14 mg kalsium dan 27 mg fosfor. Kedua kandungan mineral ini merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang kita. Selain itu, buah sirsak juga mengandung tembaga yang dapat membantu memproses penyerapan kalsium dan fosfor kedalam tulang sehingga dapat menambah kandungan nutrisi tulang yang baik.

Mencegah Penyakit KankerAnnonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam buah sirsak. Zat ini bermanfaat untuk mencegah berbagai macam virus dan kanker yang berdampak buruk bagi tubuh. Zat-zat yang terkandung dalam buah sirsak dapat menurunkan jumlah sel kanker untuk 12 jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru dan beberapa jenis kanker lainnya.

Mengatasi Sakit Kepala Sebelah ( Migrain )
Buah sirsak kaya akan vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B2 ini yang terdapat dalam buah sirsak dapat mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain yang sering kita rasakan.

Mencegah Anemia
Bagi anda yang mungkin sering lemas, mungkin anda sedang kekurangan sel darah merah. Buah sirsak dapat membantu meningkatkan kembali sel darah merah dalam tubuh, sehingga kita terhindar dari anemia. Untuk merasakan manfaatnya kita bisa menikmati buah sirsak secara langsung atau dibuat jus.

Meningkatkan Energi
Thiamin yang terkandung dalam buah sirsak dapat meningkatkan mood kita apabila mood kita sedang jelek, sehingga kita bersemangat kembali untuk menjalani aktivitas sehari-hari kita dengan rutinitas sehari-hari.

Mengatasi Wasir atau Ambeien
Air sari buah sirsak yang sudah matang dapat mengatasi gangguan wasir atau ambeien yang menggangg. Penderita ambeien atau wasir dapat mengkonsumsinya sebanyak dua kali sehari secara teratur untuk mempercepat penyembuhannya, minum ari sari buah sirsak sebanyak 1 gelas.

Menyembuhkan Bisul
Buah sirsak tidak hanya untuk mencegah kanker, ternyata buah sirsak juga dapat menyebuhkan bisul. Bagi yang sedang mengalaminya ini bisa menjadi solusi untuk mengobatinya. Caranya ambil buah sirsak yang masih muda kemudian remas-remas kemudian tempelkan kearea bisul lakukan secara teratur dalam waktu 20 menit untuk mempercepat penyembuhan.

Menjaga Kelembaban Kulit
Kulit yang kering mungkin bisa disebabkan tubuh kekurangan vitamin C. Buah sirsak kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit kita. Kita bisa mengkonsumsi buah sirsak secara teratur dapat membuat kulit lebih kenyal, sehat dan lembab.

0 Response to "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan"

Post a Comment