Total Pageviews

Manfaat Buah Anggur

   

     
         Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
        Anggur merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah dataran rendah. Tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman anggur justru membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan agar dapat tumbuh dengan baik dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Curah hujan yang diperlukan oleh tanaman ini hanya 800 mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat mengganggu proses pembuahannya. Suhu untuk tumbuh maksimal adalah 31oC dan suhu minumum adalah 23oC dengan kelembapan udara berkisar antara 75-80%.
          Buah Anggur juga mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi. Kedua zat kimia tersebut diketahui mampu menghambat berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dalam anggur itu diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif. Buah anggur itu macam-macam warnanya ada anggur merah, hijau, hitam, kuning. Buah anggur selain enak dimakan juga memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.
          Kulit anggur pun memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin. Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membuat kita awet muda dan mencegah kanker.
          Fakta membuktikan bahwa tiga dari lima atau sekitar 60% wanita usia subur memiliki kadar folat kurang dari kadar folat ideal. Padahal, folat penting untuk mengurangi risiko terjadinya neural tube deffects (cacat lahir pada otak dan tulang belakang), sindrom down, bibir sumbing, dan cacat lahir pada bayi. Bagi ibu, folat mengurangi risiko anemia megaloblastik dan menurunkan kadar homosistein dalam darah yang bepengaruh pada berkurangnya risiko preeklamsia. Eklamsia dan preeklamsia merupakan tiga besar penyebab tingginya angka kematian ibu melahirkan di Indonesia selain perdarahan dan infeksi.

Manfaat buah anggur untuk kesehatan :

    Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika anda mengkonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
   
    Menghilangkan Kerutan Wajah.

Minyak biji anggur dapat menjadi solusi untuk wajah yang mulai mengalami kerutan diwajah, caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah anda tampak awet muda.

    Memutihkan Gigi

Buah anggur yang sudah matang dapat dijadikan sebagai salah satu menu kudapan bagi anda yang ingin memutihkan gigi. Asam malat yang terdapat di dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi.

    Mencegah kanker

Anggur juga kaya akan sumber antioksidan dan anti inflamasi nutris, yang membantu menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Fitonutrien resveratrol, anthocyanin dan proanthocyanidins yang sangat kuat hadir dalam buah anggur dan memiliki sifat anti peradangan yang menyingkirkan pertumbuhan kanker.

.  Mengatur Gula Darah

Anggur memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga anggur diklaim sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah yang tidak seimbang. Fitonutrien yang hadir dalam buah berbentuk mungil ini sangat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.




Manfaat buah anggur untuk ibu hamil:

          Di dalam kandungan, pada usia 17 hari kehamilan sel-sel otak janin sudah mulai terbentuk dan berkembang. Di sinilah pentingnya peranan folat sebagai awal pembentukan tabung otak dan sum-sum tulang belakang. Selain folat, ada banyak kandungan nutrisi yang diperlukan saat perkembangan otak janin. Nutrisi ini penting saat kehamilan karena perkembangan otak bayi mengalami percepatan di saat trimester ke-3 hingga usia 30 bulan.
      Bagi ibu hamil, kalsium diperlukan untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat akibat pembentukan tulang dan gigi bayi. Pemberian zat besi yang cukup dapat mengurangi risiko terjadinya anemia di saat kehamilan. Namun, pada trimester pertama, zat besi dapat merangsang mual pada ibu hamil, mual pada ibu hamil jangan dihilangkan, karena mekanisme mual merupakan cara bayi ’berbicara’ pada ibunya. Kebutuhan akan zat besi meningkat selama kehamilan terutama di trimester ke-3 karena ekspansi jaringan ibu dan pembentukan darah merah, juga simpanan zat besi pada janin.
      Membantu Sistem Pencernaan kandungan magnesium di dalam buah anggur terbukti bisa melancarkan sistem pencernaan. Kandungan seratnya juga bisa  membuang sisa makanan yang berada di dalam usus. Sehingga usus ibu hamil menjadi lebih bersih dari kotoran yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jika ibu hamil mengidap gangguan lambung, maka harus menghindari konsumsi buah anggur bersama kulitnya.

     Selain kaya kandungan nutrisi, sayangnya buah anggur juga mengandung resveratrol yang bisa bersifat racun dan membahayakan kehamilan. Zat racun ini terkandung di dalam kulit anggur yang biasanya memiliki warna gelap. Oleh karenanya buah anggur yang memiliki warna kulit merah dan hitam, sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Buah anggur juga terasa sangat asam sehingga bisa memicu muntah, mual, perut begah dan perut kembung.

      Buah anggur juga bisa mencetus diare dan tentunya kondisi ini berbahaya bagi ibu hamil. Karena saat menderita diare, maka cairan tubuh akan turun dengan drastis. Kondisi ini akan berdampak pada janin yang juga akan mengalami kekurangan cairan ini. Ibu hamil dan janin bisa menderita lemas. Keracunan akibat buah anggur hanya ketika ibu hamil mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

       Itulah beberapa manfaat tentang buah anggur untuk kesehatan dan untuk ibu hamil, tetapi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah anggur berlebihan itu kekurangan dari buah anggur.

0 Response to "Manfaat Buah Anggur"

Post a Comment