Total Pageviews

MANFAAT DAN KHASIAT BUAH MENGKUDU UNTUK PENGOBATAN DAN KESEHATAN WANITA

        Buah Mengkudu yang bernama ilmiah Morinda Citrifolia dan termasuk dalam family Rubiaceae Secara Tradisonal buah dan daun Mengkudu telah digunakan sebagai obat tradisional selama 2000 tahun. Dibeberapa daerah Indonesia buah mengkudu ini disebut juga dengan Pace ( Jawa ) Cangkudu ( Sunda ) dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada yang menyebutkan buah mengkudu ini sebagai pembersih Internal dan untuk pengobatan yang efektif untuk nyeri sendi, meskipun baunya tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah matang dipohonnya memiliki banyak manfaatnya sebagai pengobatan. Hal ini karena ada kandungan zat morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyol. Penelitian yang luas dilakukan didunia pada  buah yang disebut sebagai noni ini dan hasilnya sangat positif untuk kita dalam mengoptimalkan kesehatan.     
       Buah mengkudu buah yang super manfaat karena memiliki dari 150 Fitonutrien.  Fitonutrien adalah senyawa yang ditemukan dalam tanaman selain vitamin, mineral dan macronutrients. Fitonutrien ini memiliki anti-inflamasi, anti-virus, anti bakteri meningkatkan imunitas seluler dan sifat perbaikan sel tubuh. Beberapa fitonutrien dalam buah mengkudu adalah senyawa organik yang disebut antrakuinon yang bertindak sebagai agen anti-bakteri dan jus buah mengkudu adalah sumber antioksidan.
       Uji klinis yang dilakukan menemukan bahwa buah mengkudu merangsang produksi sel T kekebalan tubuh. T sel memiliki peran penting untuk memerangi penyakit. Komponen polisakarida dalam buah mengkudu diketahui memiliki dua pencegahan kanker dan mengobati melalui efek stimulasi dari sistem kekebalan tubuh pada kanker. Memiliki komponen bioaktif yang membuatnya menjadi adaptogen yang bermanfaat meningkatkan keoptimalan kesehatan dalam tubuh. Buah mengkudu juga merupakan sumber yang kaya vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks beberapa kalsium, fosfor, sulfur, kalium dan asam amino esensial tertentu seperti fenilalanin dan tirosin yang memiliki manfaat untuk tubuh kita. Buah yang memiliki buah lunak berwarna putih ini merupakan buah yang jarang dikonsumsi secara langsung karena buah mengkudu memiliki bau yang tidak sedap dan rasa yang getir. Meskipun demikian bukan berarti kita mengabaikan buah yang tumbuh subur di Indonesia ini, buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan wanita.

      Ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional dan contoh resep kegunaanya :

Mengobati batuk

      Manfaat buah mengkudu adalah untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuanya sendri yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan 1/2 genggam daun poo ( bujanggut ). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Lalu disasring, dan diminum sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Mengatasi Hipertensi

     Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya adalah sediakan 2 buah mengkudu yang matang dipohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas dan diambil airnya dan dicampur dengan madu. Diminum 2 hari sekali.

Mengobati Sakit Kuning

     Bahan yang diperlukan adalan 2 buah mengkudu yang sudah matang dipohon dan 1 gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan gula batu dengan merata, dan diminum 2 hari sekali.

Obat Sakit Perut

     Khasiait buah mengkudu lainnya adalah untuk obat sakit perut. Caranya ambil 2-3 lembar daun mengkudu cuci bersih, lalu tumbuk halus dan tambahkan sedikit garam dan diseduh dengan air panas, setelah dingin airnya disaring dan diminum.

Demam, Masuk Angin dan Influenza

     Bahan yang diperlukakan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas. Airnya disaring dan diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.

Mengatasi Kulit Bersisik

     Buah mengkudu yang sudah masak dipohon memiliki banyak khasiatnya. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu sampai merata dan dibiarkan selama 5-10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan wanita :

1.  Untuk membantu kesehatan tulang

     Buah mengkudu memiliki kasiat untuk penderita osteoporosis. Bagi wanita yang berusia 40-50 tahun memiliki kemungkinan tinggi dalam keropos tulang. Mengkonsumsi jus buah mengkudu secara teratur akan membantu anda dalam  menjaga kesehatan tulang. Karena kandungan asam, kapril, metil asetil, morindin, marindone, marindadiol, dan sorandiol yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Bagi anda yang belum terbiasa mengkonsumsi buah mengkudu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk pil.

2.  Untuk kanker

    Ancaman kanker pada wanita memang sangat menakutkan apalagi kanker payudara dan kanker serviks oleh karna itu anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat anti kanker. Jus buah mengkudu adalah jus buah yang tepat danbermanfaat untuk anti kanker.

3.  Untuk memulihkan PMS ( Premenstrual Syndrome )

    Wanita yang lebih sensitif dan rentan marah ketika menjelang menstruasi dikarenakan adanya perubahan hormon dapat diminimalisir oleh buah mengkudu yang memiliki senyawa-senyawa aktif yang membantu menenangkan emosi sehingga anda tidak mengalami perubahan mood yang terlalu tinggi. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa buah mengkudu dapat membantu memulihkan beberapa penyakit termasuk mengatasi sindrom menstruasi.

4.  Untuk kesehatan rambut dan kulit

      Bagi anda yang ingin mejaga kulit tetap kencang dan awet gosokkan mengkudu dengan mengupas kulitnya lalu dibilas begitu pula jika di kulit kepala. Buah mengkudu adalah buah yang tepat untuk merawat kulit dan rambut.





0 Response to "MANFAAT DAN KHASIAT BUAH MENGKUDU UNTUK PENGOBATAN DAN KESEHATAN WANITA"

Post a Comment