Total Pageviews

Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

 

       Buah manggis yang bernama ilmiah Garcinia Magostana L berasal dari daerah beriklim tropis seperti Indonesia, Filipina, Myanmar, Thailand, Vietnam, selain di daerah tersebut tanaman buah manggis ini juga dapat dijumpai di Hawaii dan Australia Utara.  Buah manggis yang juga dikenal dengan The queen of fruits memerlukan pertumbuhan yang cukup lambat tetapi umurnya paling panjang, buah tropis ini memerlukan waktu 10-15 tahun untuk berbuah dan mempunyai tinggi 10-30 meter. Buah manggis sudah dipergunakan oleh masyarakat Indonesia sejak lama untuk pengobatan. Karena buah manggis memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.
       Asal-usul buah manggis diduga berasal dari Indonesia bagian tengah tepatnya di daerah Kalimantan. Tanaman buah ini menyebar begitu cepat ke timur Indonesia hingga Papua Nugini dan Kepulauan Mindanau (Filipina), sampai ke utara Semenanjung Malaysia dan terus menyebar ke Thailand, Myanmar, Vietnam, dan Kamboja. Tanaman buah manggis ini sudah dikenal oleh peneliti-peneliti barat sejak tahun 1631.
       Berikut ini adalah manfaat dari buah manggis sesuai dengan nutrisi dan kandungan yang ada didalamnya untuk kesehatan tubuh kita :

1. Kandungan Vitamin C

       Buah manggis mengandung vitamin sekitar 12  RDA per 100g kandungan ini larut dalam air dan vitamin C memberikan perlawanan terhadap infeksi., flu dan radikal bebas yang berbahaya. Oleh karena itu mengkomsusi buah-buahan yang mengandung kaya vitamin C yang sangat penting untuk melawan beberapa penyakit. Bagi ibu hamil kandungan folat memilki peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru yang tumbuh.

2. Kandungan Buah Manggis Untuk Kecantikan

        Buah manggis memiliki sifat antibakteri alami dan juga anti mikroba yang efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit. Bagi anda yang memiliki masalah jerawat, kulit berminyak, noda kulit, dan kulit kering dapat disembuhkan dengan mengkomsumsi buah manggis. Selain itu senyawa santon dalam kulit buah manggis yang tertinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel yang rusak dan melindungi tubuh anda. Manggis memiliki kaketin ( antioksidan yang sama dengan teh hijau ). Hal ini membantu dalam melawan radikal bebas. Oleh karena itu, mulai mengkomsusi buah manggis agar terlihat awet muda.

3. Kandungan Nutrisi yang Mampu Memperlancar Peredaran Darah

         Buah manggis memiliki peranan dalam mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini dikarenakan mampu meningkatkan alliran darah sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang mampu melindungi  kita terhadap penyakit tertentu seperti, kolesterol, aterosklerosis, dan nyeri pada dada yang parah. Selalin itu juga dapat mencegah katarak karena melakukakan peredaran darah yang lalncar.

4. Mengandung Antioksidan

        Penelitian ilmiah telah menunjukan bahwa dalam buah manggis mengandung polifenol atau xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis gamma dan alpha manggis. Xanthone dan keturunanya telah terbukti memiliki beberapa manfaat termasuk anti-inflamasi. Xanthone adalah obat efeketif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit. Buah manggis sering digunakan untuk pengobatan yang bersifat tradisional untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

5. Kandungan Kalori yang Rendah

        Buah ini sangat rendah kalori yaitu 63 kalori per 100 g dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Akan tetapi kaya akan serat makanan 100 g menyediakan 13 % RDA yang sangat penting bagi anda yang memiliki berat badan berlebih  untuk menu diet. 

Itulah beberapa kandungan manfaat nutri dalam buah manggis untuk tubuh kita, semoga bermanfaat.
  

2 Responses to "Manfaat Buah Manggis"