Total Pageviews

Manfaat Buah Kiwi

          Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

        Buah kiwi merupakan buah yang direkomendasikan untuk dikomsumsi oleh kita demi menjaga kesehatan dan buah ini juga sangat disarankan dikomsumsi oleh ibu hamil muda karena buah kiwi mengandung asupan nutrisi untuk mengurangi mual dan muntah diawal pertama kehamilan. Tetapi buah kiwi ini kurang populer di masyarkat Indonesia karena harganya yang relatif mahal.
       Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam ini yang bermanfaat untuk kesehatan dan ibu hamil muda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zespri HealthScinece Research menyatakan bahwa buah ini mengandung kaya vitamin C. Bahkan vitamin C dari buah ini lebih banyak dari buah jeruk dan vitamin C buah kiwi ini pun memiliki antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi.
       Inilah beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan dan ibu  hamil muda, seperti dibawah ini:

A. Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan    

1. Mencegah Kanker

       Mengkomsumsi buah kiwi gold setiap hari memberikan dua kali lipat tingkat perbaikan DNA kita. Ini adalah sejenis kerusakan genetik yang bertanggung jawab terhadap kanker.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

       Kandungan antioksidan dan vitamin C yang kaya pada buah kiwi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang flu.

3. Mengatasi Asma

       Penelitian di Italia menemukan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi 5-7 porsi buah kiwi selama satu minggu, mampu mengurangi gejala batuk dan sesak nafas.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

      Sebuah studi menunjukan bahwa mengkonsumsi bauh kiwi 2-3 per hari membantu mengencerkan darah, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga menjaga kesehatan jantung.

5. Kesehatan Jantung

      Universitas OSLO di Norwegia telah melaporkan bahwa jika kita mengkonsumsi buah kiwi 2-3 per hari dapat menjaga kesehatan jantung kita. Mengencerkan darah dan mengurangi pembekuan darah. Buah ini juga mampu menurunkan tingkat trigliserida ( lemak ) dalam darah hingga rata-rata 15 %.

6. Kesehatan Kulit

     Buah kiwi juga mengandung kalium lebih banyak dibandingkan pisang dan vitamin C yang terkandung pada buah ini lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Buah kiwi juga kaya vitamin E dan Alfa Linoleic Acid, Asam Lemak Esensial. Ini semua merupakan vitamin dan mineral yang penting untuk perawatan kulit.

7. Kesehatan Mata

    Kadar Karotenoid yang terdapat pada buah kiwi yang mampu melindungi mata dari radikal bebas yang berbahaya.

8. Baik Untuk Pencernaan

    Buah kiwi hijau mengandung actinidin ( enzim alami yang memecah protein ). Buah kiwi juga memiliki kandungan serat yang tinngi yang berfungsi untuk membantu buang air agar lebih lancar. Serat buah kiwi juga telah diteliti dapat membantu membersihkan sistem pencernaan. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C pada buah kiwi juga diyakini dapat membantu menghilangkan kembung dan juga memfasillitasi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

9. Sumber Nutrisi

   Buah kiwi juga sering disebut sebagai " Nutritional all-star " yaitu buah yang memiliki kepadatan nutrisi terbaik. Buah kiwi bisa disajikan sebagai menu sarapan karena buah kiwi mengandung atau kaya akan kandungan magnesium yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi.

B. Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil :

1.Menjaga berat badan ibu hamil agar tetap ideal

    Kandungan serat pada buah kiwi mampu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil serta mencegah kembung. Oleh sebab itulah mengkonsumsi buah kiwi akan mengurangi resiko obesitas pada ibu hamil. Selain mencegah obesitas buah kiwi juga dapat mengatasi sembelit yang dialami oleh ibu  hamil pada umumnya.

2. Menjaga kesehatan syaraf janin

    Buah mengandung Acid Folik yang tinggi, ini salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dalam memenuhi nutrisi janin. Dengan mengkonsumsi buah kiwi ketika sedang hamil dapat menghindari bayi lahir dalam keadaan cacat syaraf atau mental.Yaitu keadaan dimana perkembangan otak dan syaraf janin tidak sempurna.

3. Mencegah stroke saat kehamilan

   Menurut penelitian, angka stroke pada ibu hamil mengalami peningkatan, apabila ibu hamil mempunyai riwayat obesitas, darah tinggi (hypertensi) serta penyakit jantung. Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah kiwi dapat mencegah penyumbatan pembeluh darah. Yaitu dengan bantuan antioksidan alami polifenol.
    Inilah beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan dan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Manfaat Buah Kiwi"

Post a Comment