Total Pageviews

Manfaat Kacang Hijau


Kacang hijau adalah termasuk dalam jenis polong-polongan yang sering dikonsumsi oleh kita. Kacang hijau bisa dijadikan pudding ataupun bubur untuk cara menikmatinya.
Walaupun kacang hijau ini memiliki bentuk yang mungil, tetapi memiliki protein nabati yang sangat tinggi. Bukan hanya itu kacang hijau juga memiliki sumber mineral yang cukup penting bagi tubuh. Maka tidak salah ahli gizi menyarankan balita dan ibu hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau karena nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau sangat baik untuk perkembangan balita.

Nutrisi yang penting dalam kacang hijau

Kacang hijau termasuk dalam family polong-polongan kandungan protein dalam kacang hijau sangat tinggi, kacang hijau juga sumber mineral yang penting. Sementara itu kandungan lemak dalam kacang hijau terdiri dari 23 % asam lemak jenuh dan sisanya 73% mengandung asam lemak tak jenuh. Sehingga kacang hijau aman dikonsumsi oleh siapa saja termasuk ibu hamil dan yang memiliki berat badan berlebih.

Kandungan penting yang terdapat dari kacang hijau :

1. Protein Tinggi

Protein tinggi yang terkandung dalam kacang hijau sebanyak 24%.  Dalam menu seharui-hari, kacang-kacangan sebagai alternatif mendapatkan protein nabati yang terbaik. Menurut tradisi, ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi olahan kacang hijau agar kelak bayi yang dilahirkan memiliki rambut  yang lebat.
Pertumbuhan sel dalam tubuh salah satunya sel rambut sangat memerlukan asupan gizi terutama protein.

2. Kalsium dan Fosfor

Kandungan kalsium dan fosfor didalam kacang hijau bermanfaat untuk tulang.

3. Serat

Kandungan serat yanng terdapat pada kacang hijau dapat membantu melancarkan dan juga menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4.  Rendah Lemak

Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. Hal ini menyebabkan makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau tidak akan mudah basi. Kandungan lemak tak jenuh  yang terdapat dalam kacang hijau sangat bagus buat kesehatan jantung.

5. Karbohidrat Kompleks

Saat mengkonsumsi olahan kacang hijau biasanya akan merasakan kenyang yang lebih lama. Hal itu disebabkan oleh karbohidrat kompleks pada kacang hijau akan di cerna lebih lama dalam tubuh, sehingga energi yang dihasilkan pun akan lebih setabil.

6. Vitamin B1

Vitamin B1 sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, yaitu meningkatkan nafsu makan, sumber energi bagi tubuh serta memaksimalkan kerja sistem saraf.
7. Vitamin B2

Fungsi dari Vitamin B2 adalah membantu penyerapan protein dalam tubuh, sehingga memudahkan untuk menyerap protein.

Selain itu kacang hijau juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. berikut adalah manfaat kacang hijau buat ibu hamil :

kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, asam folat ini sangat penting bagi ibu hamil dan juga pertumbuhan janin. kacang hijau dapat dikonsumsi pada masa kehamilan pertama ataupun sebelum menginjak masa kehamilan.  Asam folat membantu perkembanagan syaraf pada janin dan juga bermanfaat mengurangi terjadinya kelainan jantung pada bayi, bibir sumbing dan juga kecacatan lain pada bayi. Selain itu asam filat juga berguna untuk meningkatkan kecerdasan pada bayi.

Demikian manfaat dari kacanghijau semoga bermanfaat.

1 Response to "Manfaat Kacang Hijau"