Total Pageviews

MANFAAT JAMBU AIR BAGI TUBUH

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu Semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya
Membicarakan Manfaat jambu air memang tidak ada habisnya. Pemanasan suhu udara yang terjadi di sebagian daerah Indonesia semakin bertambah luas. Hal ini terjadi dengan makin banyaknya daerah industri baru. Dengan dibangunnya banyak pabrik menyebabkan suhu udara pada lingkungan sekitar menjadi panas. Pemanasan suhu ini bukan hanya membuat badan menjadi gerah, kepanasan, tapi juga berpotensi mendatangkan berbagai penyakit, apalagi di dukung dengan lingkungan yang kurang bersih.

Jambu Air

Berbagai penyakit seperti gejala flu dan gangguan pernafasan mulai yang biasa sampai tingkat lanjut membuat banyak penduduk mulai berpikir keras bagaimana menjadikan lingkungan mereka lebih sehat setelah berbagai pembangunan yang menyebabkan polusi tersebut tidak dapat dihindari lagi.
Untuk mengatasi pemanasan suhu ini, banyak upaya yang dilakukan penduduk yang berada di sekitar daerah industri. Salah satunya adalah dengan menanam pohon yang berfungsi sebagai peneduh. Hal ini dinilai efektif, karena pohon mempunyai kemampuan untuk menghasilkan oksigen secara mandiri. Karena itu tak jarang di daerah yang berada berdekatan dengan daerah industri, pohon-pohon sudah mulai ditanam.
Berbagai jenis pohon sengaja ditanam untuk kelastarian alam. Ini menandakan kesadaran penduduk akan kelestarian alamnya makin makin meningkat. Selain menanam berbagai tanaman peredu seperti akasia dan mahoni yang biasanya tumbuh di sekitar jalan raya, masyarakat juga gemar menanam pohon yang berbuah. Dari sekian banyak pohon yang berbuah itu yang sampai saat ini banyak digemari masyarakat adalah pohon jambu air.
Pohon jambu air termasuk pohon yang mudah tumbuh. Apalagi di daerah basah tanaman ini dapat tumbuh dimana saja, di sekitar pekarangan rumah penduduk. Dengan tekstur batang pohonnya yang kokoh, pohon jambu air bisa hidup puluhan tahun. Karena itu banyak penduduk yang menanamnya di depan rumah, sebagai tanaman peneduh yang fungsinya sejajar dengan pohon dengan umur yang panjang lainnya, seperti manga.
Buah jambu air juga sudah familiar dengan masyarakat kita. Warna dan jenisnya yang beragam, ada yang putih, hijau, merah muda dan merah tua. Ini merupakan daya tarik tersendiri selain rasanya yang menyegarkan. Karena itu banyak orang yang menggemarinya. Mulai anak-anak sampai orang dewasa. Itu karena memang jambu air harganya relatif lebih murah dibanding dengan buah-buahan lainnya.
bahkan banyak masyarakat yang bisa mendapatkannya secara cuma-cuma, karena tumbuhan ini tumbuh di dalam halaman rumah atau tetangganya. Pemiliknya biasa membagi-bagikannya saat berbuah. Pada saat buahnya siap di panen banyak yang dengan sengaja memanennya bersama-sama untuk menjadikannya salah satu buah pada rujak manis yang selanjutnya dimakan bersama-sama.
Itulah pemandangan yang biasa terlihat pada masyarakat yang memiliki pohon jambu air di pedesaan. Tapi apakah Anda tahu jika ternyata jambu air bukan hanya nikmat jika kita makan dengan rasanya yang manis dan segar, karena dibalik rasa manis dan segarnya itu, buah ini juga mengendung berbagai khasiat yang dibutuhkan tubuh kita.

Manfaat Jambu Air

Salah satu manfaat jambu air adalah dapat mendinginkan tubuh. Dengan udara sekitar yang makin panas, terutama pada daerah yang berdekatan dengan daerah industri atau perkotaan. Jambu air ini cocok untuk selalu di konsumsi. Kandungan air buah dengan warna yang sangat menarik ini memang cukup tinggi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ilmuwan menyebutkan bahwa dalam 100 gram jambu air, terkandung 93 gramnya adalah air. Jadi persentase air pada buah ini adalah lebih dari 90%. Dengan perbandingan tersebut, memang cukup beralasan jika buah ini dapat mendinginkan tubuh.
Karena itu para pekerja berat yang umumnya mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan dehidrasi sangat cocok mengonsumsinya secara rutin. Dengan kandungan airnya yang melimpah pula, maka buah ini juga dianggap baik untuk menjaga kesehatan pencernaan yang memang membutuhkan cairan.
Untuk memelihara kesehatan ginjal juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah dengan kandungan air yang banyak ini. Ini karena asam urine dan urea yang mengotori ginjal dapat dibersihkan dengan cairan tadi. Sebagaimana kita ketahui batu ginjal bisa terjadi karena ginjal dalam keadaan kurang cairan yang pada akhirnya menyebabkan tidak lancar dalam mengeluarkan kotoran, selanjutnya terbentuklah batu ginjal.
Khasiat jambu air lainnya adalah buah ini bisa sebagai sumber vitamin A alami. Vitamin A mempunyai fungsi sebagai sumber peningkat imunitas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi vitamin A secara cukup, kekebalan tubuh akan baik. Selain itu vitamin A juga dapat berfungsi sebagai penambah cara kerja sel darah putih dan penjaga kesehatan mata.
Selain mengandung vitamin A, khasiat jambu air juga sebagai sumber vitamin C. Kita banyak mengetahui bahwa vitamin C ini mempunyai fungsi yang sangat bagus bagi tubuh kita. Vitamin C dapat menghasilkan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan inilah yang yang mampu memperbaiki sel tubuh kita yang rusak karena bertambahnya usia.
Dengan bertambahnya usia banyak sel tubuh yang rusak atau mati, dengan mengonsumsi vitamin C yang mengandung antioksidan, sel tubuh itu bisa tergantikan atau teremajakan. Dengan begitu, dengan rutin mengonsumsi jambu air kita dapat memelihara sel tubuh kita, yang biasanya ditandai dengan kulit kita terlihat tidak kering atau lebih segar.
Ini karena vitamin C yang dikandung dalam peredaran darah akan semakin lancar. Vitamin C ini juga dapat merangsang tumbuhnya kolagen kulit yang bermanfaat bagi keremajaan kulit sekaligus mampu menjaganya. Selain mempunyai kandungan serat yang lumayan tinngi, yang perlu kita ketahui juga bahwa di dalam jambu air ternyata terdapat berbagai kandungan mineral yang sangat banyak.
Ada fosfor, seng, kalium, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, besi, protein, asam sitrat sampai asam sulfuric yang terkandung dalam buah jambu air. Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram jambu air adalah sebagai berikut:
Water 93 g, Energy 25 kcal, Energy 105 kj, Protein 0.6 g, Total lipid (fat) 0.3 g, Ash 0.4 g, Carbohydrate, by difference 5.7 g, Vitamin C, total ascorbic acid 22.3 mg, Thiamin 0.02 mg, Riboflavin 0.03 mg, Niacin 0.8 mg, Calcium, Ca 29 mg, Iron, Fe 0.07 mg, Magnesium, Mg 5 mg, Phosphorus, P 8 mg, Potassium, K 123 mg, Zinc, Zn 0.06 mg, Copper, Cu 0.016 mg, Manganese, Mn 0.029 mg, Vitamin A, IU 339 IU, Vitamin A, RAE 17 mcg_RAE.
Selain itu masih terdapat kandungan zat-zat lainnya, meskipun tidak diketahui secara jelas besarnya kandungan yang berada di dalamny. Zat-zat itu adalah: Fiber, Sugars, Sodium, Na, Selenium, Se , Pantothenic acid, Vitamin B-6 , Folate, Vitamin B-12, Retinol, Vitamin E, Fatty acids, total saturated, Fatty acids, total monounsaturated, Fatty acids, dan Cholesterol.
Dengan adanya berbagai manfaat jambu air ini maka wajar jika dalam beberapa waktu belakangan ini jambu air menjadi salah satu buah yang makin digemari di lingkungan masyarakat kita. Karena selain harganya yang relatif terjangkau khasiatnya juga sangat banyak. Semoga bermanfaat.

1 Response to "MANFAAT JAMBU AIR BAGI TUBUH"

  1. Manfaat Tersembunyi jambu air Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete